KEBENARAN TENTANG NIKOTIN – ROKOK
Ketagihan Rokok Berbahaya !
Tahukah anda bahwa :
– Ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain.
– Lebih muda anda mulai mengisap rokok ,maka lebih kuat rasa ketagihan anda untuk merokok.
– Kebanyakan pemakai narkoba dan peminum alkohol bermula dari perokok.
Bagaimana perokok menjadi ketagihan?
Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin :
– Merasa cepat marah, hampa atau geram.
– Cemas atau gelisah.
– Stres dalam bekerja.
Kelegaan yang anda nikmati dari setiap batang rokok hanyalah sementara dan gejala-gejala tersebut akan kembali semula. Anda kemudian akan menyalakan sebatang lagi rokok dan tidak lama kemudian , anda menjadi ketagihan kepada nikotin.
Secara perlahan nikotin akan mengakibatkan perubahan pada sel-sel otak perokok yang menyebabkan anda merasa perlu merokok lebih banyak untuk mengatasi gejala-gejala ketagihan.
SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN
Perokok boleh menjadi ketagihan dengan cepat karena :
– Nikotin meresap ke dalam tubuh dengan mudah.
– Tidak seperti racun lain , rokok mudah didapat sehingga mudah untuk dikonsumsi.
Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.
KEBIASAAN YANG MENGUNDANG MAUT
Ingat – rokok tidak hanya mengandung nikotin. Setiap hembusan asap juga mengandung 4.000 bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit serius. Itulah sebabnya mengapa ketagihan nikotin mengakibatkan lebih banyak kematian dan penyakit daripada ketagihan racun yang lain.
JANGAN TERPEDAYA
Ada rokok yang dikatakan lebih aman karena mengandung kadar nikotin yang rendah. Hal ini tidak benar ,karena rokok jenis ini sama bahayanya dengan rokok lainnya. Jadi serendah apapun kadar nikotin dalam rokok adalah berbahaya.
BEBASKAN DIRI ANDA
Jauhkan diri dari rokok – jangan sekali-kali mencobanya sebagai suatu kebanggaan. Ia hanya memerlukan bberapa batang rokok untuk menjadi ketagihan.
Jika anda telah menjadi seorang perokok, jangan berputus asa. Ketagihan nikotin bisa diobati tetapi seperti racun lain ,anda perlu waktu dan usaha untuk mencapai keberhasilan. Banyak perokok berputus asa apabila mencoba berhenti merokok karena mereka belum siap untuk menghadapi gejala-gejala ketagihan . Siapkan diri anda secara fisik dan mental dan dapatkan dukungan keluarga serta teman-teman anda.
JANGAN TERJEBAK MITOS ROKOK
Merokok itu keren dan modern
1. Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah, nafas bau dan kantong kering. Apakah ini tandanya keren dan modern ?.
Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok
2. Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu, beranikah untuk mengatakan “tidak”. Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya bangga juga.
Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau
3. Yang benar adalah . Sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat aditif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan mereka sulit untuk berhenti.
Merokok membuat kamu seksi
4. Pernah dengar ? Mencium perokok seperti mencium asbak, ini sih keterlaluan. Tapi iya juga! Belum lagi rambut dan baju kamu berbau seperti cerobong asap.
Merokok menjadi badan langsing
5. Kalau ini benar , kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa gemuk atau kurus.
Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan
6. Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 – 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboro pun mati karena kanker paru.

Kalau sedikit tidak apa-apa
7. Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.
Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok
8. Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , Tidak harus ikut-ikutan.
Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana
9. Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar ? Dari mana untungnya ? Ya dari ketagihan kamu itu !.
Masa iya iklan rokok akan berbohong
10. Sekarang begini saja, Beli permen yang bisa diecerpun ada tulisan daftar kandungan isi dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia . Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok ?

KEUNTUNGAN MEROKOK
– bnyk lapangan pekerjaan (pabrik rokok bnyk)
– bea cukai makmur
– olahraga makin maju (sponsor)
– hobi ane tersalurkan (pertandingan basket sponsorny bnyk dari rokok)
– ane jd bnyk pasien!!! (coz bukan aje yg ngrokok yg kena efekny,org yg kagak ngrokok jg jd ikutan kena)
OBAT BERHENTI MEROKOK

sekarang udah ada obat buat yang pengen berhenti merokok. Namanya Nicotine Patch. Tapi anehnya ‘why only few people know? mungkin belum ada di indonesia or di sembunyiin biar dapur pabrik rokok tetep ngebul.
seperti apa sih obatnya?
kalo mau pake ini harus punya niat kuat dulu baru boleh pake. caranya dengan di tempel dì belakang leher selama 2-3 minggu.
Gimana cara nyembuhin nya?
dalam layer patch yg kuat dapat menembus lapisan kulit sampai ke pembuluh darah. teknologi ini disebut TDDS Transdermal Drug Delivery System.
Tau ga dalam sebatang rokok mengandung ratusan ppm nicotine yang masuk ke dalam darah, namun dengan menggunakan nicotine patch ini kita ga perlu lagi ngerokok karena udah ada sejumlah tertentu yang masuk dalam darah. Dengan terapi 2-3 minggu dosis di turunkan perlahan sampah pada suatu titik tidak ada kadar nicotine lagi. artinya bebas deh dari rokok.
MIMPI ANEH
saat saya menghayal canggih nya teknologi ini, saya berpikir coba ada ya Morfin Patch. jadi semua yg pengen fly ga perlu takut di gerebek pak polisi, beli ama pengedar narkoba, pokoknya tinggal tempel dan selamat datang bidadari surga, trus ga perlu takut over dosis karena tinggal di lepas aja patch nya. Maaf cuma mimpi aneh, semoga ga jadi nyata.
Balik ke rokok lagi.
Kini ada beberapa alternatif buat yang pengen berhenti ngerokok. satu, yang mudah pake permen tapi saya ga recomen krn cuma bekerja di rongga mulut aja. kedua, pake nicotine patch yg kerjanya menggurangi kadar nicotine dlm darah. ketiga, pake cara ampuh minum obat anti rokok seperti verenicline yg mahal karena masih paten dan ga ada di indonesia.
tips buat perokok pilih yg ada filternya buat menurunkan kadar ppm nicotine nya. so, akhirnya terserah mau pilih pengobatan yang mana. pilih berhenti merokok atau tidak adalah hak azasi. ga ada larangan, yang ada cuma peringatan.

CARA LAIN STOP MEROKOK

Ada berbagai jenis terapi medis untuk stop merokok. Beberapa orang mencoba stop merokok tanpa bantuan, istilahnya disebut “cold turkey” . Beberapa yang lain mencoba metode terapi sulih nikotin, yaitu menggunakan produk-produk yang mengandung nikotin rendah seperti permen karet, lozenges dan lain-lain. Namun, kenyataannya jarang yang berhasil. Mungkin Anda sudah lelah untuk mencoba. Sekarang Anda boleh merasa lega, karena sekarang ada terobosan baru dan pertama solusi stop merokok di Indonesia!

SEKILAS TENTANG TERAPI MEDIS

VARENICLINE adalah sebuah solusi bagi Anda yang ingin stop merokok dan hanya bisa didapatkan dengan resep dari dokter. Produk ini ditujukan bagi orang dewasa. VARENICLINE tidak dianjurkan untuk usia dibawah 18 tahun, wanita hamil dan menyusui serta digunakan bersamaan dengan produk stop merokok lainnya karena belum ada penelitian lebih lanjut. VARENICLINE harus dikonsumsi selama 12 minggu. Konsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apakah VARENICLINE tepat dan aman bagi Anda.
Berdasarkan penelitian, beberapa efek samping VARENICLINE adalah mual, sembelit, buang angin atau muntah, dan mimpi abnormal. Gejala mual merupakan efek samping yang paling umum pada sekitar 30% pasien. Namun, hanya terjadi pada masa awal pengobatan dan sifatnya sementara. Konsultasikan efek samping yang Anda alami. Informasikan jenis obat-obatan lain yang Anda konsumsi sebelumnya. Terutama jika Anda mengkonsumsi obat insulin, asma, obat penurun tekanan darah atau memiliki gangguan ginjal.
Ketika stop merokok, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan hilangnya nikotin. Bagi beberapa orang, merokok adalah ketergantungan fisik dan perilaku. VARENICLINE membantu Anda mengurangi gejala-gejala yang muncul karena stop merokok, berupa gejala sulit berkonsentrasi, pusing-pusing dan “bad mood”. Serta mengurangi rasa nikmat yang diperoleh dari merokok sehingga dorongan untuk merokok dapat berkurang. Jika Anda sewaktu-waktu kembali merokok lagi, teruskan mengkonsumsi VARENICLINE dan cobalah untuk berhenti kembali. VARENICLINE berbeda karena tidak mengandung nikotin. Cara kerja VARENICLINE adalah dengan memblokir nikotin sehingga tidak menempel pada reseptor otak.
Keputusan untuk stop merokok merupakan pilihan yang tepat. Mungkin Anda telah mencoba untuk berhenti sebelumnya dan belum berhasil. Sekarang ada solusinya bagi Anda untuk menikmati hidup sehat tanpa rokok bersama keluarga Anda. Segera kunjungi dan konsultasi secara rutin ke dokter Anda. Ikuti juga program dukungan stop merokok dan ajak orang-orang terdekat Anda untuk ikut terlibat. Niatnya dari Anda, solusinya ada di dokter.
PROSES DAN CARA KERJANYA
Ketika Anda merokok, nikotin terserap ke dalam darah dan mengalir menuju reseptor otak. Nikotin merangsang reseptor otak untuk melepaskan sejenis kimia yang disebut Dopamin. Zat inilah yang memberikan sensasi rasa nikmat dan tenang. Tetapi, efek nikotin ini hanya berlangsung singkat. Oleh karena itu, timbul dorongan untuk merokok lagi. Berdasarkan hasil riset, VARENICLINE bekerja dengan cara memblokir nikotin sehingga tidak menempel pada reseptor otak. Sehingga jumlah Dopamin yang keluar lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah Dopamin akibat efek nikotin. Dopamin tetap ada sehingga efek ketergantungan nikotin (rasa pusing, sulit berkonsentrasi dan “bad mood”) tidak terlalu tinggi dibandingkan stop merokok tanpa obat. Selain itu, rasa nikmat yang ditimbulkan rokok tidak lagi senikmat biasanya.
TIPS STOP MEROKOK

Memulai sesuatu adalah hal paling sulit untuk dilakukan oleh semua orang. Begitu juga dengan stop merokok. Jadi, jika Anda berniat untuk segera memulai stop merokok, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:
1.Buat komitmen dengan diri Anda sendiri untuk stop merokok.
2.Cari motivasi atau inspirasi Anda untuk stop merokok. Mungkin demi keluarga atau demi kesehatan.
3.Mintalah orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga untuk mendukung dan mengingatkan Anda ketika keinginan merokok datang.
4.Temui dokter dan konsultasikan niat Anda untuk stop merokok.
5.Tetapkan tanggal stop merokok Anda. Beritahukan orang-orang terdekat dan dokter untuk mengingatkan Anda.
6.Carilah program-program dukungan stop merokok untuk membantu Anda.
7.Singkirkan semua hal yang dapat mendorong atau mengingatkan Anda untuk merokok seperti korek, asbak dan rokok.
MANFAAT STOP ROKOK = KESEHATAN YANG LEBIH BAIK

Kesehatan adalah aset Anda yang paling berharga. Berdasarkan data yang terkumpul antara tahun 1995 dan 1999, Centers for Disease Control (CDC) memperkirakan perokok dewasa pria rata-rata kehilangan 13.2 tahun dari kehidupannya dan perokok dewasa wanita rata-rata kehilangan 14.5 tahun dari kehidupannya karena merokok. Oleh karena itu, stop merokok sekarang juga.

Risiko-risiko kesehatan akibat merokok sebenarnya disebabkan oleh bahan-bahan lain yang ditemukan dalam rokok Anda. Contohnya, rokok tembakau mempunyai lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya dan 250 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Berikut ini beberapa dampak dan risiko penyakit akibat rokok:
*Kanker paru-paru, kanker mulut, kanker usus, kanker ginjal, kanker mulut rahim, kanker darah, kanker tenggorokan, kanker pankreas dan kanker kandung kemih.
*Penyakit jantung: serangan jantung dan stroke.
*Gangguan saluran pernapasan: Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK), infeksi paru (pneumonia) dan asma.
*Pada kehamilan dan persalinan: berat badan lahir rendah, komplikasi kehamilan, infertilitas dan kematian janin secara mendadak.
*Lain-lain: luka lama sembuhnya, tulang pinggul retak, densitas tulang yang rendah dan katarak.
Tahukah Anda? Ketika stop merokok, risiko Anda terkena penyakit-penyakit akibat merokok bisa menurun drastis! Nikmatilah dan buktikan sendiri manfaatnya jika Anda stop merokok sekarang juga.

HIDUP BEBAS ROKOK

Stop merokok merupakan sebuah momentum yang harus dirayakan! Sebuah pencapaian besar dalam hidup Anda. Tepat ketika Anda mulai stop merokok, nikmatilah beberapa peningkatan dalam hidup Anda seperti:
*Anda dapat kembali merasakan enaknya makanan-makanan di sekitar Anda.
*Anda akan merasa lebih bersemangat dan memiliki energi untuk menjalani aktifitas Anda.
*Napas, pakaian, dan rambut Anda tidak akan tercium seperti bau rokok. Pasangan dan anak Anda tentu tidak akan merasa enggan untuk berdekatan.
*Anda tidak tergantung lagi pada rokok.
*Dan tentunya Anda akan lebih berhemat, karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk rokok. Mungkin bisa Anda gunakan untuk liburan bersama keluarga.
Sekaranglah waktunya Anda untuk menikmati hidup sehat tanpa rokok bersama keluarga tercinta.
TAHAPAN STOP MEROKOK

Ada beberapa tahapan hingga akhirnya perokok dapat stop merokok. Menurut James Prochaska, seorang peneliti klinis yang telah mendapatkan penghargaan antara lain dari American Cancer Society�s Medal of Honor for Clinical Research (2003) ada 5 tahapan bagi perokok untuk stop merokok:
*Merenungkan: belum memikirkan secara serius niat untuk stop merokok.
*Mempertimbangkan: secara aktif berpikir untuk stop merokok dalam waktu dekat (6 bulan ke depan), tapi belum siap untuk benar-benar melakukannya.
*Mempersiapkan: berkeinginan serius untuk stop merokok pada bulan berikutnya atau pernah mencoba tahun lalu.
*Tindakan: stop merokok secara aktif selama 6 bulan pertama. Tahap ini merupakan tahap dimana perokok membutuhkan dukungan dan bantuan.
*Mempertahankan: tidak merokok lagi dalam 6 bulan hingga 5 tahun sejak pertama kali stop merokok, menyadari bahwa kebiasaan merokok bisa kambuh dan berusaha mencegahnya.
Anda pasti bisa memulai stop merokok dan bertahan untuk tidak merokok! Dapatkan dukungan dan bantuan dari dokter dan orang-orang terdekat Anda. Segera temui dokter dan konsultasi secara rutin untuk membantu Anda stop merokok. Sekarang ada solusinya di dokter Anda.