Anda ingin bernostalgia dengan situs kesayangan yang sudah tidak eksis lagi di internet ? atau merasa pernah membaca sebuah informasi di situs tertentu, namun ketika mencoba mengaksesnya kembali halaman yang Anda maksud sudah tidak ditampilkan lagi karena kedaluarsa ? Coba gunakan layanan web archive.

  1. Pada kotak pencarian WayBackMachine, ketikkan alamat situs mati yang ingin Anda tampilkan. Sebagai contoh isikan URL situs mati yang pernah populer di awal 2000-an, yaitu Catcha.co.id. Klik Take Me Back.
  2. Selanjutnya akan ditampilkan arsip situs yang Anda cari dalam kolom tahun dan baris bulan. Klik salah satu link arsip untuk melihat tampilan halaman webnya.
  3. Melalui teknik yang sama, Anda tentu juga dapat mencari informasi di halaman web kedaluarsa milik sebuah situs yang masih aktif.

Sebagai catatan, ada kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan mengakses arsip halaman web milik situs tertentu. Hal ini dikarenakan layanan web archive hanya mengarsip situs-situs yang terindeks / pernah terindeks oleh situs pemeringkat Alexa (www.alexa.com), penyandang dana proyek web archive ini.