Optimasi dikatakan sukses apabila blog Anda minimal masuk 10 besar daftar pencarian Google. Kata kunci atau keyword sangat penting dalam proses optimasi blog. Pemilihan dan penempatan kata kunci dengan strategis akan membuat blog Anda menjadi nomer satu di mesin pencari Google.

Sebagai contoh, saya ingin membidik kata kunci Google Adsense. Penguna internet sering mencari informasi tentang Adsense dengan kata kunci ini. Saya berharap setiap pengguna yang mencari di Google dengan kata kunci Google Adsense, yang keluar paling atas Haryantoblog.

Tampaknya kata kunci ini sudah di ambil oleh Google sendiri dan Cosaaranda.com, dan jelas situs ini lebih tua dan lebih lama dari pada blog saya. Karena sudah dioptimasi oleh situs lain. Kemudian, saya membidik para pengunjung dari Indonesia saja. Sehingga, kata kunci saya ganti menjadi Google Adsense Bahasa Indonesia.

Dan, berhasil, dengan kata kunci Google Adsense Bahasa Indonesia, Haryantoblog masuk dalam 10 besar, yaitu posisi 2 dan 3 setelah Cosaaranda.com.(hasil pengecekan Senin,23 Juni 2008). Blog Anda ingin Sukses Masuk 10 Besar mesin pencari Google? Ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan judul artikel yang akan diposting, Misalnya Alternative Adsense Pay Per Click Indonesia.
2. Pilih minimal 3 kata kunci yang ada di judul posting, misalnya kita pilih Adsense, Pay Per Click, dan Indonesia.
3. Tulis ulang ketiga kata kunci ini di paragraf pertama.
4. Di paragraf berikutnya masukkan lagi kata kunci tersebut secara terpisah. Gunakan kalimat yang baik, jangan terkesan mengulang-ngulang kata kunci.
5. Pada paragraf terakhir ulang sekali lagi kata kunci Alternative Adsense Pay Per Click Indonesia.
6. Masih ingat Cara optimalkan blog description, jangan lupa, masukkan juga ketiga kata kunci tersebut dalam description blog Anda.
7. Untuk posting berikutnya, Anda posting artikel baru dengan judul yang mirip dengan Alternative Adsense Pay Per Click Indonesia. Misalnya, dengan judul binushacker.net Pay Per Click Indonesia.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.